Matahari Pacu Bangun Gerai Baru

 

JAKARTA – Di tahun ini PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) mengalokasikan belanja modal (capital expendicture/capex) sebesar 4-5 persen dari total penjualan tahun lalu senilai 13,59 triliun rupiah. Dengan demikian nilai capex sebesar  700 miliar rupiah. Dana capex akan digunakan untuk ekspansi bisnis dalam hal ini pembangunan gerai baru yakni hypermart,  foodmart, dan boston.

Direktur Public Relation & Communication PT Matahari Putra Prima Tbk Danni Kojongian mengatakan tahun ini Perseroan akan membangun 10 gerai hypermart bahkan bisa lebih, kemudian enam gerai foodmart, dan lebih dari 15  gerai  boston.

“Catatan kami, untuk hypermart paling tidak akan dibangun 10 gerai, foodmart 6, dan boston bisa 15 gerai lebih up to 21 gerai,” ungkapnya, Jakarta, Rabu (13/5).

Dilanjutkannya, selain pembangunan tiga lini usahanya tersebut, tahun ini Perseroan juga akan membangun gerai baru yakni smartclub menggunakan konsep business to business (b to b). Gerai tersebut diperuntukan bagi pelanggan untuk membeli kebutuhan dalam jumlah besar. Smartclub akan berada di daerah Jababeka, tetapi tidak menutup kemungkinan ke depannya berpotensi akan dibangun di beberapa lokasi lainnya di Indonesia seperti di Sumatera dan Jawa lainnya.

Terkait dengan pelemahan rupiah terhadap dollar AS yang turut menggerus kinerja emiten, Perseroan mengaku kinerja bisnisnya tidak terganggu mengacu pada raihan laba kuartal-I 2015. Menurutnya pelemahan rupiah tidak membuat level pertumbuhan bisnis Perseroan lebih kecil pada kuartal-I tahun ini, jika dibandingkan pada periode sama tahun lalu. “Kami punya cara sendiri dalam meredaam pelemahan rupiah, sehingga pelemahannya tidak berdampak besar bagi kami,” tambahnya.

Kalau dilihat secara umum pelemahan terjadi pada kuartal-I dan di kuartal-II masih terkena imbasnya. Tetapi melihat hal ini untuk ekspansi usahanya Perseroan sudah mengukurnya dengan baik melalui penangganan risiko dan studi yang sudah dilakukan sejak tahun lalu, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk terus melakukan ekspansi.yni/E-7

http://www.koran-jakarta.com/?31079-matahari%20pacu%20bangun%20gerai%20baru

file:Matahari Pacu Bangun Gerai Baru-berita galeri