KEGIATAN PENUTUPAN PERDAGANGAN INDONESIA STOCK EXCHANGE DAN STOCKSOUND CONCERT DI BURSA EFEK INDONESIA MARET 2017

Pada hari jumat 31 maret 2017 diselenggarakan sebuah acara dengan tema stock sound yang dibintang tamui oleh Raisa Andriana. IDX stock sound concert adalah konser music yang diadakan di BEI, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) pada setiap hari terakhir perdagangan efek setiap bulannya.

Acara tersebut diselenggarakan di Main Hall BEI, acara tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, dan sebagai apresiasi bagi musisi Indonesia, dan acara tersebut juga mengundang beberapa universitas yang memiliki galeri investasi. Perwakilan Galeri Investasi yang hadir pada acara tersebut antara lain Galeri Investasi Bunda Mulia, Galeri Investasi Gunadarma, Galeri Investasi Stie Rawamangun, Galeri Investasi Univ Sampoerna, Galeri Investasi Kalbis Institute , dan masih banyak Galeri Investasi yang lainnya. Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa sekuritas.

Peserta KSPM berkumpul di Galeri Investasi Mercu Buana pukul 14.00 kemudian berangkat ke Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan transportasi online yakni Grab Car. Kemudian tiba di Bursa Efek Indonesia pada pukul 15.15 dan langsung memasuki Main Hall tower lantai 1. Sebelum memasuki Main Hall Tower lantai 1 kami melewati proses pemeriksaan terlebih dahulu yaitu pemeriksaan keamanan atas barang-barang yang kami bawa, setelah itu kami diarahkan oleh security untuk menyerahkan KTP kami untuk ditukarkan dengan ID Card investor.

Didepan Main Hall Lantai 1, kami sebagai peserta diminta menunjukkan bukti persyaratan berupa :

  1. Sudah terdaftar sebagai pengikut social media Instagram Bursa Efek Indonesia (@Indonesiastockexchange).
  2. Sudah menyukai postingan yang bertanda khusus #stocksound yang dibagikan oleh social media Bursa Efek Indonesia via Instagram.
  3. Mengajak 10 teman kami yang belum mengikuti official account Instagram BEI untuk memfollow.
  4. Merepost satu postingan yang dibagikan oleh social media Bursa Efek Indonesia serta diberi keterangan dengan caption versi masing-masing.

Memasuki Ruangan Main Hall BEI

Setelah kami menunjukkan bukti persyaratan sebagai peserta, kami diberi stempel stocksound di bagian tangan kami kemudian kami dipersilahkan untuk memasuki ruangan. Kami pun langsung memasuki ruangan dan menempati tempat duduk yang tersedia.

Pembukaan Acara

Acara dibuka dengan penampilan Raisa dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semua tamu yang dating diminta untuk berdiri dan menyanyikan lagut ersebut secara bersama-sama.

Sambutan Direktur IDX

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Kami disambut oleh Bapak Tito Sulistio selaku Direktur IDX. Beliau menyampaikan banyak hal mengenai kegiatan hari ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan stocksound concert ini diharapkan mampu meningkatkan minat calon investor khususnya dikalangan muda sebagai contoh mahasiswi seperti kami. Dengan harapan, kami sebagai generasi selanjutnya mampu menunjukkan eksistensi dibidang pasar modal.  Setelah itu, Bapak Tito berbincang mengenai pengalaman Raisa dalam dunia investasi. Raisa memiliki saham salah satunya pada Mandiri Sekuritas. Selain itu, Raisa juga memiliki dua saham lagi diperusahaan yang berbeda. Raisa menceritakan kisahnya ketika pertama kalinya ia memulai Investasi. Raisa mengatakan:

“Pertama kali diajakkin, mau engga beli saham? Dari situ saya merasa tertarik karena ini merupakan sesuatu yang berbeda dan bukan biasa”

Ia juga mengatakan pesan kepada para penggemarnya yang hadir agar jangan takut berinvestasi saham. “Jangan takut nabung saham, kalau takut, belajar” ujarnya.

Jam menunjukkan hampir pukul 16.00. Kemudian seluruh tamu yang hadir diminta untuk menghitung mundur secara bersama-sama waktu penutupan perdagangan saham dibulan maret 2017., dengan IHSG 5568,11. Penutupan perdagangan ini diresmikan oleh Raisa yang menabuh gendang. 

Kemudian Acara dilanjutkan dengan penampilan Raisa yang menyanyikan 7 buah lagu antara lain LDR, terjebak nostalgia, apalah arti menunggu, jatuh hati, could it be, mantan terindah dan kali kedua. Raisa membuat para hadirin menjadi terhibur dengan penampilannya. Suaranya yang merdu nan lembut dengan alunan music yang begitu indah dan syahdu mampu menghipnotis para penonton yang hadir.

Ketika Raisa melantunkan lagu-lagunya. Salah satu dari anggota KSPM Mercu Buana yaitu saudari Sri Handayani diwawancarai oleh salah satu media televisi tentang dunia investasi dan bagaimana ketertarikannya untuk berinvestasi di pasar modal dengan adanya stocksound concert ini.

Waktu menunjukkan pukul 17.30 bertepatan dengan selesainya acara di hari itu. Maka kami anggota KSPM Mercu Buana beserta peserta lainnya bergegas meninggalkan ruangan Bursa Efek Indonesia. Kemudian kami menghampiri ruangan dimana kami meninggalkan ktp kami, disitu kami kembali menyerahkan ID card investor dan mengambil ktp kami. Setelah itu kami pun memesan transportasi online yaitu Grabcar. Kami pun menunggu grabcar di halte didepan BEI yang dikhususkan untuk menunggu transportasi yang tersedia. Tak lama 15 menit kemudian, mobil yang akan menghantarkan kami pulang pun dating. Kami pun bergegas masuk ke mobil tersebut dan kembali pulang menuju galeri investasi Universitas Mercu Buana.